Minggu, 07 November 2010

5 Jembatan Terpanjang Di Asia Tenggara

Ada banyak sekali jembatan di kawasan Asia Tenggara, namun hanya ada beberapa saja yang tergolong jembatan dengan ukuran yang panjang…. Berikut ini, saya akan mengulas tentang 5 Jembatan terbesar dan terpanjang di kawasan Asia Tenggara… Sekedar Info, Indonesia juga ada lho disitu… Winking smile Langsung aja kita liat nyok…

1. Bang Na Expressway – Thailand (54 Km)
Bang Na Expressway adalah jembatan jalan tol di Thailand. Jembatan ini sempat dinobatkan sebagai jembatan terpanjang didunia antara tahun 2000 sampai sebelum Weihe Grand Bridge (79 km) selesai dibangun tahun 2008 di RRC. Bang Na Expressway memiliki total panjang 54 km. Didesain oleh Jean Muller International, jembatan ini terselesaikan pada bulan Maret tahun 2000. Membutuhkan 1,8 juta meter kubik beton tuk membangun jembatan yang mampu mengakomodir 12 jalur highway ini.

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Mungkin dalam beberapa daftar, jembatan di Bangkok, Thailand ini tidak masuk ke dalam kategori terpanjang, karena tidak melintasi air laiknya jembatan pada umumnya.

bangna expressway - thailand(2)

2. Jembatan Penang –  Malaysia (13,5 Km)
Jembatan Penang atau Jambatan Pulau Pinang dalam bahasa melayu adalah sebuah jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara - Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas. Jembatan ini resmi dibuka pada 14 September 1985.

penang bridge - malaysia

Panjang keseluruhan jembatan ini sekitar 13,5 km, membuat jembatan ini salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan sebuah landmark nasional.

penang bridge - malaysia(2)

3. Jembatan Thanlwin / Mawlamyaing –  Myanmar (6,6 Km)
Jembatan Thanlwin (Mawlamyaing) adalah jembatan terpanjang di Myanmar, dan menghubungkan kota Mawlamyaing dengan Mottama. Dibangun pada pertemuan Sungai Thanlwin, Sungai Gyaing, dan Sungai Attayan di Negara Bagian Mon, jembatan ini memiliki jalan bagi motor dua-mil dan kereta api dengan panjang empat mil serta jalur pejalan kaki. Pendekatan struktur jembatan kereta api di tepi Mawlamyaing 1,22 mil (1.960 m), dan pada tepi Mottama adalah 1,42 mil (2.290 m). Panjang total jembatan rel adalah 4,75 mil (7.640 m).

mawlamyaing - myanmar

Jembatan itu dirancang dan dibangun oleh Departemen Konstruksi negara tersebut. Panjang jembatan ini sendiri mencapai 6,6 Km dan diresmikan pada tahun 2005.

mawlamyaing - myanmar(2)

4. Jembatan Nasional Suramadu –  Indonesia (5,438 Km)
Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.

suramadu bridge - indonesia

Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.

jembatan-suramadu(2)

5. Jembatan San Juanico / Candaba –  Philipina (5 Km)
Jembatan San Juanico (Candaba) adalah sebuah jembatan berbentuk lengkung terus di Filipina membentang dari Samar ke Leyte persimpangan Selat San Juanico. Jembatan ini adalah bagian dari Jalan raya Pan – Filiphina. Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Filipina mencakup tubuh air dengan panjang 2,16 kilometer (1,34 mil). Hal ini dianggap sebagai salah satu jembatan yang paling indah yang dirancang di Filipina, yang dirancang oleh arsitek terkenal Juanito Isko Balunbalunan, seorang arsitek dari Tacloban City.

san juanico bridge - philipina

Jembatan ini didukung oleh 43 bentang naik 41 meter di atas laut. Jembatan ini memiliki lengkungan besar di bawah yang memungkinkan perahu untuk bisa masuk. Ini dirancang oleh insinyur Arvin Valderama dan Christian Meynard Barnal dan dibangun di atas Selat San Juanico dari Cabalawan, Tacloban City, menuju kota Santa Rita, Samar pada tahun 1969 dan Selesai pada 1973. Panjang jembatan ini sendiri yaitu 5 Km.

san juanico bridge - philipina(2)


Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, saya ucapkan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini… Jangan lupa berkomentar ya… Smile



Sumber Referensi : Wikipedia

8 komentar:

DoktorTechno mengatakan...

Nice info gan

MULTIMEDIA SMKN 4 SEMARANG mengatakan...

wah, keren blognya... rapi...

cobaintruZZZ mengatakan...

@DoktorTechno : iya sob.. makasih atas komentarnya ya...

@Multimedia : makasih sob... hehe ... makasih atas komentarnya ya...

Subekti Imarwoto mengatakan...

saya rasa ini infonya ga akurat..
saya jadi bingung bacanya, kayak yg dibagian suramadu salah satunya.

Me and My Life mengatakan...

waww kerenn :)

wisnu mengatakan...

kirain suramadu udah yang terpanjang di asia tenggara,,ternyata belum...mungkin perlu di bikin jembatan sabang-merauke kali ya biar gak ada yang ngalahin...hehehe

Almari Pajangan Hias Salur mengatakan...

Kayaknya Foto dari jembatan suramadu salah deh... Tiang bagian tengah kayaknya gak gitu owg..

Anonim mengatakan...

jembatan koplak wie......
.......paling panjang tu jembatan T.I........

Poskan Komentar